Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Peran Marketing

Kangandi - Fungsi marketing dalam hal ini perlu untuk diketahui untuk memaksimalkan peran marketing pada suatu perusahaan yang menjalankan bisnis. Mengingat marketing ini memberikan dampak yang cukup besar bagi kelangsungan jalannya bisnis kedepannya.

Marketing sendiri merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dengan berbagai cara seperti membuat produk, menentukan harga, tempat penjualan dan melakukan promosi produk tersebut. Atau marketing dapat dikatakan sebagai kombinasi antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk,harga, pelayanan dan melakukan promosi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan keuntungan.

$ads={1}

Sehingga dari definisi tersebut marketing memang memiliki kaitan yang sangat erat dengan suatu aktivitas kehidupan sehari-hari. Yang mana seperti kita ketahui bahwa dari pihak yang sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merk dari produk tertentu yang hendak dibeli sesuai dengan kebutuhannya, dimana ia akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi sebagai pihak konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan marketing.

Dengan hal tersebut maka pihak konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya sendiri, konsumen hanya cukup melakukan pertukaran dengan para pelaku bisnis atau para marketing untuk dapat memenuhi kebutuhannya berupa produk ataupun jasa. Sehingga secara tidak langsung dengan melakukan marketing secara optimal maka dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal pula bagi perusahaan. Kemudian jika hal tersebut terjadi maka tidak heran jika perusahaan akan mengalami perkembangan yang pesat untuk meraih kesuksesan bisnis yang dijalankannya.

Dari informasi di atas menunjukkan bahwa marketing ini perlu diperhatikan oleh perusahaan, yang mana perusahaan harus memaksimalkan marketing atau pemasaran dalam berbisnis. Untuk mendukung dalam memaksimalkan marketing maka para pelaku bisnis pun juga harus mengetahui apa fungsi marketing tersebut.

$ads={2}

Pada intinya marketing berperan sebagai duta atau penghubung antara produsen atau perusahaan dengan konsumen. Dengan peran ini diwajibkan untuk menjaga hubungan baik dari keduanya, baik atau buruknya perusahaan sebagaian besar tergantung pada marketing, sebagian diantara marketing yang tidak bertanggung jawab bisa memcemarkan nama baik perusahaan dimata pelanggan.

Dengan marketing para konsumen bisa menyampaikan kritik dan saran kepda perusahaan untuk bisa dipertimbangkan, dan perusahaan bisa terus berinovasi berubah dan selalu memperbaiki kualitas dan pelayanan terhadap konsumen. Pada dasarnya marketing bukanlah tentang bagaimana menjual produk yang ditawarkan, namun lebih pada bagaimana meraih konsumen baru dan mempertahankan konsumen. Demikianlah beberapa penjelasan terkait fungsi marketing pada perusahaan yang maka diharapkan dapat membantu anda sebagai pelaku bisnis baik itu produsen maupun pelaku marketing untuk dapat meningkatkan marketing dalam berbisnis. Semoga bermanfaat.

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Peran Marketing"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi