Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghilangkan Kesemutan

Kangandi - Kesemutan yang menimbulkan sensasi seperti kebas atau mati rasa ini bisa terjadi kapanpun, misalnya setelah duduk bersila dalam waktu lama.Penyebab terjadinya kesemutan pun bisa beragam.

Dalam istilah medisnya kesemutan disebut parestesia yaitu sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti anda tertusuk jarum. Pada dasarna kesemutan terbagi dua yakni:

a. Kesemutan Sementara
Hal ini terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar, penyebab kesemutan sementara tidak hanya terjadi pada lengan atau kaki, kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama.

Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat. Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar.

Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini khususnya menyerang saat penderita sedang stres, gelisah, atau berada di ruangan bersuhu dingin.

b. Kesemutan Berkepanjangan
Kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan Anda, misalnya akibat menderita penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis, carpal tunnel syndrome, kompresi saraf ulnaris.

Selain itu, obat-obatan yang sedang Anda konsumsi juga bisa memicu kesemutan, misalnya obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, obat anti kejang, antibiotik, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.

Kesemutan bisa diminimalkan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya: rutin berolahraga, menghindari terpapar racun, menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol, berenti merokok, pola makan yang sehat, menjaga berat badan ideal, mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau penyakit ginjal.

Anda juga bisa cegah kesemutan dengan rutin minum air hangat, banyak minum air putih, usahakan minum air hanyat setiap pagi kurangi minum air dingin.

Selain itu ada juga mengobati kesemutan dengan obat herbal, ada salah satu rekomendasi obat yang bisa anda konsumsi untuk mengobati kesemutan yakni herbagyn produk dari NASA herbagyn bisa diminum 3 kali 1 kapsul setelah makan selang 1 jam dan herbathus 3x1 setelah hari ke 5 minumnya 3x2 kapsul sehari sebelum makan kurang 30 menit.
KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Posting Komentar untuk "Tips Menghilangkan Kesemutan"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi